Arti penting terumbu karang bagi biota laut dan manusia


Assalamualaikum wr.wb

           Terumbu karang sangat penting bagi ekosistem laut karena terumbu karang merupakan tempat tinggal sekaligus tempat berkembangbiak biota laut.Terumbu karang sudah terbentuk sekitar 450 juta tahun lalu,hewan karang dan alga zooxanthellae bertemu.Mereka bersimbiosis,karang menyediakan tempat tinggal untuk alga,alaga membuat makanan dengan berfotosintesis.Lama -lama akan membentuk terumbu dan akhirnya jadilah terumbu karang.

           Di Indonesia pertumbuhan terumbu karang sangat cepat karena laut Indonesia memiliki suhu 21 derajat-29 derajat celcius.Karang seperti merambat disepanjang perairan dangkal yang hangat.Terumbu karang menjadi aset pariwisata di Indonesia dan seluruh dunia.Warna-warni cerah pada terumbu karang akan memancarkan keindahan yang mengundang wisatawan.Selain menjadi aset pariwisata,terumbu karang juga menjadi rumah bagi bermacam biota laut,sehingga laut menjadi kaya akan sumber daya ikan.

Berikut beberapa fakta penting terumbu karang:

  1. Banyak biota laut yang menggantukan hidupnya pada terumbu karang.Mereka bisa punah kalu terumbu karang rusak dan bahkan hilang.Namun adapula hewan yang justru memangsa karang seperti biota laut mahkota duri.Saat jumlah mahkota duri hanya 10 ekor/hektar,maka kondisi lautan masih normal.Bila mahkota duri mencapai ribuan ekor/hektar,maka dampak yang ditimbulkan pada karang akan fatal.
  2. Ketika populasi mahkota duri meledak,banyak terumbu karang yang mati.Mahkota duri mampu memakan  karang seluas 5-6 meter persegi/tahun.Sejak era 90-an pemangsa koral itu telah menghabiskan sebagian besar karang di pulau Manjangan,taman nasional Bali barat,pantai bama dan taman nasional Baluran.Area terumbu karang yang rusak baru bisa pulih setelah 10-15 tahun kemudian.
  3. Beberapa teori mengungkapkan bahwa kemunculan mahkota duri dalam jumlah besar di suatu aliran perairan terjadi akibat ketiadaan pemangsa.Salah satu predator bintang laut tersebut adalah ikan napoleon yang selalu menjadi incaran para nelayan.Penangkap ikan begitu tergiur dengan harga yang ditawarkan sehingga mereka menangkap ikan secara berlebihan.
       Namun,sekarang kondisi terumbu karang semakin buruk karena perbuatan manusia yang tak bertanggung jawab.Banyak nelayan yang menggunakan pukat untuk menangkap ikan sehingga karang ikut terbabat.Selain itu,penggunaan bom dan racun hampi membunuh semua bita laut.Di Indonesia hampir 80% karang telah hancur karena pemaikaian bom untuk menangkap ikan.

      Aktifitas manusia di pesisir dan barat juga mempengaruhi kelestarian terumbu karang.Pembangunan di pesisir,pembuangan limbah ke laut,menyebabkan sendimen di permukaan karang.Jika tidak mendapat cahaya matahari yang penuh akan sulit tumbuh,karena karang membutuhka air yang bersi untuk dapat tumbuh sehat.(Baca juga=Orangutan binatang kebanggaan Indonesia)

      Fenomena perubahan iklim juga sangat mengganggu terumbu karang.Emisi karbon membuat laut berubah sifat.Laut menjadi asam dan kehilangan ion karbonat,sehingga pertumbuhan karang menjadi terhambat.Pemanasan global yang telah membuat suhu naik juga membuat terumbu karang pucat.

      Berikut beberapa cara melestarikan terumbu karang:
  1. Menjaga kebersihan sungai dan pesisir pantai
  2. Berpartisipasi dalam program rehabilitasi terumbu karang
  3. Menangkap ikan tanpa merusak terumbu karang
  4. Tidak seenaknya mengambil terumbu karang 
  5. Menyebarkan informasi tentang betapa pentingnya terumbu karang 
     Demikian penjelasan tentang arti penting terumbu karang bagi kehidupan biota laut dan manusia.Kita harus menjaga agar terumbu karang di Indonesia ini bisa berkembang dengan baik sehingga bisa menarik wisatawaan datang ke Indonesia.Jangan biarkan terumbu karang punah agar anak cucu kita dapat melihat keindahan terumbu karang di negara mereka

wassalamualaikum wr.wb


8 comments