Orangutan binatang kebanggaan Indonesia


Assalamualaikum wr.wb

            Orangutan adalah sejenis kere besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau coklat yang hidup dihutan tropika Indonesia dan Malaysia,khususnya pulau Kalimantan dan Sumatera dengan nama ilmiah pongo.Dulu sekali orangutan masih bisa dtemukan di Jawa,Vietnam dan Cina bagian selatan.Buktinya ada temuan fosil orangutan di wilayah-wilayah tersebut.Namun,kini kita hanya bisa menemukan orangutan di Sumatera dan Kalimantan.Sekitar 80% orangutan tinggal di wilayah negara Indonesia,sisanya hidup di taman nasional dan cagar alam di Malaysia.

            Dua jenis orangutan yang tersisa adalah orangutan Sumatera dan orangutan Kalimantan.Ciri fisik keduanya hampir sama,tinggi badan orangutan sumatera dan kalimantan sekitar 1,25-1,5 meter.Berat badan jantan sekitar 50-90 kg,sementara berat badan betina sekitar 30-50 kg.

Orangutan Sumatera
       
         Pada 2001,peneliti menemukan fakta baru bahwa orangutan Sumatera tersebar di bagian utara dan tengah.Dulu,peneliti memerkirakan jumlah orangutan Sumatra sebanyak 5.700 individu.Tapi,ternyata jumlah orangutan Sumatra mencapai 14.600 individu.Salah satu perbedaan mencolok orangutan Sumatera dan Kalimantan adalah warna bulu yang lebih terang.Sampai saat ini,belum ada penelitian yang mengungkapkan mengapa orangutan yang hidup di wilayah timur memiliki bulu gelap.

Orangutan Kalimantan
            

            Orangutan kalimantan yang tersisa sekitar 54.000 individu.Orangutan Kalimantan terbagi dalam 3 sub spesies
  1. Pongo pygmaeus yang ditemukan di barat laut Borneo
  2. Pongo pygmaeus wurmbii yang banyak ditemukan di borneo bagian tengah
  3. Pongo pgmaeus morio yang merupakan orangutan Kalimantan dengan ukuran paling mungil tinggal di timur laut Borneo. 
             Namun,Sekarang populasi orangutan di alam liar menurun.Salah satu sebebnya adalah kehilangan habitat,sebagian hutan di Sumatra dan Kalimantan yang menjadi rumah orangutan telah beralih fungsi menjadi perkebunan sawit,HTI(Hutan Taman Industri),pertambangan dan pemukiman.Selain itu,manusia juga melakukan pembalakan haram dan menyebabkan kebakaran hutan.

             Selain kehilangan tempat tinggal,keberadan orangutan juga semkain terancam karena adana perdagangan liar yaang makin marak.Orangutan Sumatra tercatat hanya 14.600 individu.Sementara orangutan kalimantan tinggal 54.600 individu.

Baca juga:

             Jadi mulai sekarang kita harus menjaga kelestarian orangutan karena orangutan merupakan satwa kebanggaan indonesia,cara yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan orangutan yaitu:
  1. Bijak menggunkan produk turunan kelapa sawit karena industri ini menggunakan habitat orangutan untuk membuka lahan perkebunanya.
  2. Tidak memperjual belikan orangutan atau bagian tubuhnaya untuk kepentingan apapun
  3. Melaporkan kepada pihak yang berwenang jika melihat/mengetahui adanya pelanggaran,ual beli orangutan ataupun anggota tubuhnya.
  4. Mendukung upaya pelestarian satwa langka/hampir punah melalui program donasi.
         Jadi mulai sekarang kalian harus berusaha untuk melestarikan alam ini,karena jika tidak alam kiata ini lama kelamaan akan lenyap.jagalah alam maka alam akan menjagam.(baca juga:bahaya sumpit sekali pakai)

Waalaikumsalam wr.wb
 

5 comments