Inilah penyebab pencemaran sungai yang harus anda ketahui



Assalamualaikum wr.wb

          Hallo semua,suatu perubahan keadaan suatu tempat penampungan air seperti danau,sungai,lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia itulah yang disebut pencemaran air.Sedangkan pencemaran air sungai adalah berubah warna dan bau air sungai karena masuknya zat-zat kimia.

           Aku melihat sungai-sungai tidak bersih lagi.Tidak seperti dulu,pada zaman dahulu sungai-sungai sangat bersih sehingga bisa diminum.Selain diminum air sungai juga dapat digunakan untuk berbagai hal seperti mencuci,mandi atau pun sebagai sanitasi.Ikan yang ada didalam sungai bisa dikonsumsi untuk memenuhi gizi manusia.Akan tetapi beberapa tahun belakangan,air sungai sudah dipenuhi dengan sampah dan limbah,air sungai juga seringkali berbau tidak enak.

           Kita sebagai masyarkat harus menyadari betapa penting air sungai bagi kehidupan manusia karena air sungai juga merupakan sumber air minum bagi manusia.Di India juatan orang bergantung pada sungai gangga yang sudah tercemar.Diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ketoilet dan 1000 anak-anak India meninggal karena penyakit diare setiap hari.Sedangkan di dunia pencemaran air sudah mengakibatkan lebih dari 14.000 orang setiap harinya meninggal dunia.Pencemaran sudah menjaddi masalah akut di negara-negara berkembang karena kebanyakan limbah dibuang keperairan mulai dari limbah rumah tangga sampai limbah industri.


           Berikut merupakan beberapa hal yang yang menyebabkan air sungai tercemar

1.Pembuangan limbah ke sungai
         Limbah yang mencemari sungai dikategorikan menjadi 3 yaitu
  1. Limbah industri,negara-negara maju di dunia pasti mempunyai banyak industri.Berkembangnya industri berbanding lurus dengan berbanding lurus dengan meningkatnya limbah yang dihasilkan oleh proses produksi pada suatu industri.Di Indonesia masalah pencemaran sungai oleh limbah sufah menjadi kebiasaan bertahun-tahun.Industri di Indonesia tidak ditangani dengan baik karena masih banyak industri-industri nakal yang membuang limbahnya kesungai.Padahal limbah indutri banyak mengandung senyawa berbahaya
  2. Limbah rumah tangga,limbah rumah tangga dapat berasal dari apapun seperti aktivitas warga dirumah,limbah rumah makan,pertokoan,kantor,pasar ataupun rumah sakit.Hal tersebut sesuai dengan bunyi pasal 1 pada Bab 1 dari peraturan menteri kesehatan republik Indonesia nomor 173/Menkes//Per/VII/77.Limbah rumah tangga dapat berupa air bekas cucian,sisa konsumsi makan sehari-hari,air bekas mandi dan air bekas sanitasi.Limbah-limbah tersebut dialirkan melalui pipa dan berakhir di sungai.Jumlah penduduk di suatu negara juga memengaruhi pencemaran sungai di negara tersebut,semakin banyak limbah maka sungai semakin tercemar.
  3. Limbah pertanian,insektisida biasa digunakan petani untuk melindungi tanaman-tanaman komoditi pertanian.Ketika sedang musim hama petani akan menggunakan insektisida agar tanaman-tanaman tidak terserang hama.Tahukah kamu? jika berlebihan akan menyebabkan air tercemar jika limbah terssebut tidak diolah dan langsung dibuang kesungai akan menyebabkan sungai tercemar.Air sungai menjadi kekurangan oksigen dan paada akhirnya akan mempengaruhi ekosistem.
2.Pemukiman di pinggir sungai
       Warga-warga yang taak punya tempat tinggal di kota seperti DKI Jakarta,pada akhirnya akan membuat rumah semi permanen di berbagai tempat salah satunya adalah lahan tepi sungai.Sekarang lahan disepanjang sungai yang berada di kota-kota padat penduduk telah berubah menjadi pemukiman kumuh.(baca juga:Ibu kota akan pindah?)

          Warga yang mendiami pemukiman kumuh biasanya sering membuang apa saja yang tidak bermanfaat ke dalam sungai itu karena rumah mereka berada ditepi sungai sehingga limbah apa saja yang dihasilkan langsung dibuang ke sungai.

3.Erupsi gunung berapi
      Material erupsi berupa bongkahan batu,kerikil dan pasir biasanya akan terbawaa oleh aliran sungai di sekitar gunung ketika terjadi hujan.Pencemaran erupsi gunung berapi ini ditandai dengan keruhnya air sungai sehingga sinar matahari sangat dibutuhkan untuk ekosistem sungai.

        Dampak pencemaran air sungai sangat besar  bagi kehidupan manusia,bahkan dapat merusak ekosistem yang ada.Berikut dampak yang ditimbulkanakibat pencemaran air sungai
  1. Erosi
  2. Banjir
  3. Menjadi sumber penyakit (baca juga:lokasi sarang nyamuk)
  4. Sungai menjadi tidak enak dipandang
  5. Membahakan kehidupan yang ada di dalam sungai
           Demikian penjelasan tentang pencemaran air ssungai.Kita harus melestrikan dan menjadga sungai agar tidak tercemar karena berakibat fatal.Maaf jika ada salah kata.

Wassalamualaikum wr.wb
   

          

         

0 comments