Larangan membawa motor ke sekolah bagi siswa,dihiraukan


Assalamualaikum wr.wb

      Hallo semua,beberapa tahun belakangan banyak siswa yang berangkat ke sekolah dengan menaiki motor.Padahal ada beberapa yang masih SD.Usia minimal untuk mengendarai motor adalah 17 tahun.Tapi kenapa banyak anak yang mengendarai motor sebelum usia 17 tahun.

      Mengendarai motor sebelum usia 17 tahun itu sangat berbahaya karena anak tersebut belum dapat mengendalikan emosinya dan mengedepankan egonya serta rasa tanggung jawabnya yang kurang,sehingga akan berbahaya bagi dirinya sendiri dan orang lain.

      Sudah banyak kasus mengenai anak dibawah umur yang membawa motor ke sekolah dan ada juga beberapa kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh anak sekolah yang mengendarai motor.Kasus itu biasa terjadi beberapa tahun belakangan.Salah satu kasus yang terkenal adalah dua bocah yang masih SD berumur 11 tahun,yang harus duduk dikursi pesakitan pengadilan negeri(PN) Jember.Mereka masuk pengadilan karena mengalami kecelakaan dijalan Tisnogambar,,kecamatan Bangsalsari,12 september 2016 silam.

      Selain itu ada juga orang tua yang memperbolehkan anaknya yang masih SMP mengendarai motor ke sekolah.Orang tuanya mengizinkan asalkan hanya untuk ke sekolah.Di daerah lain juga ada orang tua yang memperbolehkan anaknya yang masih SMP mengendarai motor ke sekolah dengan alasan rumahnya jauh dari sekolah.

      Ada sebagian orang tua yang setuju untuk mengizinkan anaknya mengendarai motor ke sekolah dengan berbagai alasan.Tetapi ada juga sebagian orang tua yang tidak memperbolehkan anaknya mengendarai motor ke sekolah.

      "Karena didalam aturan bermotor itu harus yang sudah berumur 17 tahun.Kalau ingin menjadi orag yang baik knapa harus dilanggar"Ujar bu Hani seaku orang tua siswa.

      Seorang guru SMP Swasta mengakkui bahwa beberapa siswa di sekolah itu memiliki kendaraan dan sering ugal-ugalaan.Bahkan sudah ada yang mengalami keccelakaan.Adrian,salah satu guru SMP tersebut mengakui sekolahnya menyita sepeda motor siswa.Meskipun demikian,mereka kesulitan juga dalam mengawasi setiap hari.

Baca juga:

      Hingga bulan agustus 2013,data kecelakaan lalu lintas (lakalantas) anak dibawah umur mengalami peningkatan.

      "Tidak smua pelaku lakalantas adalah orang yang sudah berumur,tetapi ada juga korban anak dibawah umur"kata kepala satuan lalu lintas polresta Manado,Kompol Alafaris Pattiwael.

      Menurut Alfaris,polisi menerbitkan SIM sesuai dengan prosedur.Kalau umur belum sesuai ketentuan,tidak akan diterbitkan.Karena SIM merupakan syarat ijin untuk dapat mengemudikan motor,mobil,,truk dan lain-lain.

Wassalamualaikum wr.wb

3 comments