6 penyu cantik yang terdapat di Indonesia


Assalamualaikum wr.wb

         Penyu adalah kura-kura laut yang dapat ditemukan di semua samudera di dunia.Penyu sudah ada sejak akhir zaman jura(145-208 juta tahun lalu) atau seusia dengan dinosaurus.Dari dulu penyu sudah terlahir sebagai pengembara.Saat masih tukik(anak penyu) melihat dunia mereka langsung berlari meninggalkan pantai,menumpang alga untuk menuju laut bebas.Berikut beberapa fakta unik mengenai penyu:
  1. Penyu diperkirakan sudah ada di bumi lebih dari 150 tahun lamanya.
  2. Penyu belimbing adalah salah satu reptil terbesar di dunia,ukuranya bisa sebesar kasur ganda.
  3. Penyu memiliki GPS di tubuhnya terutama penyu betina.Ia akan kembali ke pantai dimana ia bertelur. 
  4. Penyu berkomunikasi dengan penyu lainnya dengan bersuara sebelum mereka menetas saat masih di cangkang telur.
  5. Jenis kelaimin penyu ditentukan oleh suhu.Jika lebih dari hangat dari suhu privotal (28-29 derajat celcius),tukik akan terlahir sebagai betina,jika lebih dingin,tukik akan terlahir sebagai jantan.
         Daerah jelajah penyu sangatlah luas saking luasnya kita bisa menemukan reptil purba itu dimana saja,baik di laut hangat,perairan subtropis disekitar khatulistiwa dan bahkan area sub kutub.Wilayah perairan Indonesia adalah salah satunya jalur jelajah para penyu.Laut tropis yang hangat ini merupakaan persimpangan jalan antara samudera hindia dan pasifik.Tahukah kalian? bahwa 6 dari 7 spesies penyu yang tersisa di dunia pernah ditemukan di perairan Indonesia,keenam penyu itu adalah:

1.Penyu hijau

        Penyu hijau adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga cheloniidae.Hewan ini adalah satu-satunya spesies dalam golongan chelonia.Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis,terutama di samudera atlantik dan samudera passifik.Jumlah penyu hijau semakin berkurang hal itu dikarenakan banyak yang memburu pelindung tubuhnya untuk hiasan,telurnya sebagai sumber protein tinggi dan obat,serta dagingnya sebagai bahan makanan.Penyu hijau ditangkarkan di ujung genteng suka bumi.
         
        Setelah meninggalkan pantai peneluran penyu hijau mengembara mencari lamun laut yang letaknya mencapai ribuan kilometer dari tempat kelahiran.Tetapi,mereka tidak menyeberang lautan terbuka melainkan menyisir pantai menuju sumber pakan.

        Berdasarkan pantauan para peneliti,sebagian penyu hijau yang lahir di raja ampat,Papua,berenang menuju laut arafuru dan sebagian lainya berenang menuju laut sulu,Sulawesi dan laut Jawa.Adapun penyu hijau dari sukamade,Jawa Timur bermigrasi sampai perairan sebelah barat Australia.Lain halnya dengan penyu hujau dari Berau,Kalimantan Timur yang bergerak menuju Filipina dan Sabah,Malaysia.

2.Penyu belimbing


        Penyu belimbing adalah salah satu spesies penyu yang paling berani,karena mereka rela menyeberang lautan demi sumber makanan.Penyu belimbing merupakan satu-satunya penyu yang berasal dari suku Dermochelyidae yang maih hidup.Penyu belimbing adalah penyu terbesar di dunia dan merupakan reptil keempat terbesar di dunia setelah 3 jenis buaya.

        Penyu belimbing mengambil resiko meninggalkan perairan hangat menuju laut dengan iklim subtropis di utara.Merekaa bergerak ke Malaysia,Filipina,Jepang hingga menyeberang dan berakhir di Amerika Utara.Penyu belimbing melakukan migrasi bertujuan untuk menangkap ubur-ubur yang memang banyak terdapat di dekat Oregon,Amerika Serikat.

3.Penyu sisik
        

        Penyu sisik memiliki bentuk tubuh yang datar.Rata-rata penyu sisik dewasa rata-rata dapat tumbuh 1 meter dan memiliki berat 80 kg.Penyu sisik tergolong dalam familia Cheloniidae dan tergolong dalam genus eretmochelys.Penyu ini merupakan satu-satunya spesies dalam genusnya.Penyu ini memiliki 2 sub spesies yaitu:
  1. Eretmochelys imbricata imbricata adalah sub spesies di atlantik.
  2. Eretmochelys imbricata bissa adaalaah sub spesies di wilayah indo-pasifik.
4.Penyu lekang
       
  
        Penyu lekang adalah spesies penyu yang ditemukan di perairan hangat da tropis terutama di passifik dan samudera hindia.Penyu lekang memiliki daerah jelajaah lebih luas dibandingkan penyu sisik.Penyu lekang singgah untuk bertelur di Jawa Timur,Bali dan Papua.Penyu ini mempunyai tubuh terkecil dari jenis penyu lainya.Warna kerapasnya abu-abu kehijauan.Oleh karena itu penyu ini juga disebut penyu abu-abu.

 5.Penyu pipih
           

        Penyu pipih merupakan hewan endemik Australia.Penyu pipih termasuk dalam genus super familia cheloniidae dan satu-satunya spesies yang ditemukan dalam genus Natator.Penyu ini mempunyai kerapas rendah berukubah dengan tepi terbalik,yang panjang sekitar 90-95 cm saat dewasa.

6.Penyu tempayan
      

         Penyu tempayan merupakan salah satu hewan langka dan dilindungi di Indonesia.Penyu tempayan pernah ditemukan di pulau komodo.Mereka memburu makanan disekitar perairan Nusa Tenggara Barat.Namun,sampai saat ini belum ada temuan sarang peneluran penyu tempayan di pantai-pantai Indonesia.

Baca juga:
  1. Orangutan binatang kebanggaan Indonesia
  2. Inilah penyebab pencemaran air yang harus anda ketahui

          Penyu merupakan hewan yang terancam punah.Sejak lahir jiwanya selalu terancam.Sarang penyu bisa rusak digerus ombak.Setelah tukik(anak penyu) menetas dan berenang ke laut lepas,bukan berarti mereka telah bebas,sebab,predator penyu di laut juga ganas.

          Ancaman penyu juga disebabkan oleh manusia.Berikut beberapa ancaman penyu yang disebabkan oleh manusia:
  1. Sering tertagkap jala nelayan,penyu seringkali tertangkap jala nelanyan secara tidak sengaja.
  2. Perdagangan ilegal.bagian tubuh penyu banyak diperdagangkan untuk digunakan sebagai hiasan.
  3. Dikonsumsi,daging dan telur penyu seringkali dikonsumsi langsung oleh manusia.
  4. Hilangnya habitat,pengembangan pantai yang tidak terkontrol merusak pantai dan terumbu karang.(baca juga:Arti penting terumbu karang bagi biota laut dan manusia)
           Agar penyu tetap lestari kita dapat melakukan hal ini:
  1. Menghindari konsumsi ataupun produk yang menggunakan bagian tubuh penyu.
  2. Melaporkan ke pihak berwenang jika mengetahui adanya perdagangan ilegal penyu.
  3. Menjaga kebersihan dan ketenangan pantai peneluran dan tidak melakukan interaksi langsung dengan penyu.
  4. melepaskan penyu jika tertangkap kail dan jala.
           Demikian penjelasan tentang penyu si reptil pengembara.Kita harus melestarikan dan menjaga penyu agar tidak punah.Maaf jika ada salah kata,terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb     
  
     

  
          

5 comments