Penjelasan tentang nyamuk yang harus anda ketahui


Assalamualaikum wr.wb

          Kalian pasti sudah banyak yang mengetahui soal nyamuk,hewan yang kecil-kecil cabe rawit.Aku menamainya seperti itu karena hewan yang kecil tetapi sudah menimbulkan banyak kematian diseluruh dunia.

          Meskipun sekarang sudah berkurang tetapi jumlah nyamuk setiap tahunya terus bertambah.Dulu aku pernah mengalami penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti.nyamuk aedes aegypti memiliki bakteri bernama bakteri dengue,bakteri dengue terdiri dari 4 strain/tipe yaitu Den1,Den2,Den3 dan Den4.

berikut ini adalah siklus hidup nyamuk aedes aegypti



              Nyamuk aedes aegypti betina  bertelur didalam area yang tergenang seperti selokan,lubang pohon,genangan air,pot,dan sebagainya.Setelah menetas larva memakan partikel organik di dalam air seperti alga dan organisme mikroskopis lainya.Kemudian setelah fase keempat larva memasuki tahap pupa.Setelah 2 hari pupa berubah menjadi nyamuk.

 Gejala-gejala terkena penyakit demam berdarah yaitu

  1. Suhu tubuh naik turun 
  2. Rasa sakit perut ang parah 
  3. Munth yang berkepanjangan
  4. Masalah pernapasan 
             Selain nyamuk aedes aegypti,juga ada nyamuk anopeles yang dapaat menyebabkan penyakit malaria.Malaria merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamk dari manusia dan hewan lain yang disebabkan oleh protozoa parasit (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal)dalam tipe plasodium.


          Siklus hidupnya kurang lebih sama dengan siklus hidup nyamuk aedes aegypti perbedaannya hanyalah saat mereka meletakkan telur jika nyamuk aedes aegypti senang meletakkan telur ditempat yang terapung sedangkan nyamuk anopeles senang meletakkan telurnya satu persatu diatas air.

Baca juga:

   
          Malaria disebabkan oleh parasit plasmodium,ada 5 jenis parasit plasmodium yang menyebabkan malaria pada manusia.Dua jenis parasit yang umum di Indonesia yaitu plasmodium falciparum dan plasmodium vivax.

           Gejala-gejala manusia terkena penyakit malaria biasanya muncul antara 1 sampai 2 minggu setelah tubuh terinfeksi.Gejala-geala malaria terdiri dari demam,berkeringat,menggigil atau kedinginan,muntah-muntah ,diare dan nyeri otot


             Gambar diatas adalah salah satu tempat tinggal nyamuk yang sering sekali kita lihat.Selokan yang ditinggali nyamuk biasanya air dalam selokan itu tidak mengalir dan banyaknya sampah diselokan.foto selokan itu terletak disebelah rumahku .Air dalam selokan tidak mengalir karena selokan yang berada dibawah trotoar tersumbat.

           Jika selokan dikampung kaian ada yang seperti itu segeralah diperbaiki karena itu merupakan sarang nyamuk dan semoga selokan yang ada disebelah rumahku segera diperbaiki.Amin

Wassalamualaikum wr.wb






0 comments