5 kelakuan Kids Jaman Now yang membuat geleng-geleng kepala


Assalamualaikum wr.wb

     Hallo semua,apa kabar?.Istilah kids jaman now sekarang seddang viral di internet.Aku sering melihat istilah ini di komentar,status maaupun caption dengan tulisan "Kids Jaman Now". Berdasarkan suatu website istilah ini di populerkan oleh akun palsu Seto Mulyadi. Seperti yang kita ketahui Seto Mulyadi adalah pemerhati dan psikolog anak yang juga ketua komisi perlindungan anak nasional(KPAI).

     Sebenarnya istilah ini hanya sebuah guyonan untuk menyikapi kelakuan aneh anak-anak jaman sekarang.

     Kata kids jaman now,dari segi bahasa kids dan now berasal dari bahasa inggris. Kids artinya anak-anak dan now artinya sekarang. Akan tetapi kata jaman berasal dari bahasa Indonesia. Hal inilah yang membuat kalimat ini menjadi unik dan lucu. Jadi bisa disimpulkan kid jaman now artinya anak-anak jaman sekarang.

     Kata ini menggambarkan anak-anak yang melakukan hal yang tidak seharusnya mereka lakukan.seperti beberapa kelakuan kids jaman now dibawah ini:

1.Suka makan micin
     
       Micin adalah bahan untuk menyedapkan rasa sebuah makanan. Saat ini ada istilah generasi micin yaitu anak-anak yang suka mengkonsumsi micin. Anak-anak memakan micin biasanya sudah dicampurkan kedalam makanan seperti baksi,soto,mie,sop dan masih banyak lagi.
   
      Sebenarnya micin memiliki efek samping jika dikonsumsi terus menerus. Kebanyakan dari anak-anak tidak tau itu,yang mereka tau hanyalah micin membuat makanan menjadi enak. Berikut beberapa bahaya mengkonsumsi micin:
  1. Sakit kepala
  2. Gangguan kerja otak
  3. Gangguan psikologi
  4. Mual
  5. Nyeri dada
  6. Dan masih banyak lagi
     Itulah beberapa akibat jika menkonsumsi micin secara terus menerus. Sebenarnya mencampurkan makannan dengan micin itu boleh-boleh saja tetapi jangan berlebihan karena dapat merusak tubuh kalian sendiri.

2.Kecil-kecil sudah pacaran

     Tahukah kalian,anak-anak SD sekarang sudah ada yang berpacaran. Kok bisa?,aku aja belum,sebenarnya aku juga bingung bagaimana bisa anak SD jaman sekarang sudah ada yang pacaran. Itu benar-benar tidak wajar. Masa-masa SD adalah masa ketika anak sedang dalam masa perkembangan dan bermain,kenapa malah diisi dengan urusan percintaan.

     Kalian para orang tua harus mengantisipasi tingkah laku anak yang sperti ini,karena dapat mengganggu proses belajar mereka. Lebih baik kegiatan mereka diisi dengan kegiatan belajar dan bermain .Selain itu,akan berdampak pada masa depan mereka. Gaya berpacaran mereka juga berbeda-beda mulai dari yang hanya melalui chattingan saja maupun yang sering ketemuan.

3.Merokok

     Rokok adalah silinder kertas yang didalamnya berisi daun tembakau yang telah dicacah.Rokok biasanya di jual dalam bungkusan yang berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong.Menurut riset 51,1 persen rakyat Indonesia adalah perokok aktif, tertinggi di ASEAN dan sangat jauh bedanya dengan negara-negara tetangga.

      Anak-anak jaman sekarang yang seharusnya masih bau kencur sudah berubah menjadi bau asap rokok. Beberapa dari mereka sudah pernah mencoba rokok bahkan ada yang setiap hari menghisap rokok. Padahal di bungkus rokok sudah ada keterangan jika rokok berbahaya bagi kesehatan tubuh,bahkan sampi mengakibatkan kematian. Berikut beberapa bahaya rokok bagi kesehatan:
  1. Meningkatkan resiko kanker perut
  2. Meningkatkan tekan darah
  3. Menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung
  4.  Menyebabkan penyakit stroke
  5. Dan masih banyak lagi
     Itulah beberapa akibat jika kita merokok,jadi berhentilah untuk merokok,peran orang tua juga sangat penting disini,laranglah anak kalian untuk merokok dan beritahukan bahaya rokok pada mereka.

4.Motor-motoran

      Kita pasti pernah melihat anak SD yang sudah naik motor,Mereka seharusnya belum diperbolehkan naik motor karena syarat umurnya adalah 17 tahun,sedangkan mereka masih berumur sekitar 6-12 tahun.

      Mengendarai motor sebelum usia 17 tahun itu sangat berbahaya karena anak tersebut belum dapat mengendalikan emosinya dan mengedepankan egonya serta rasa tanggung jawabnya yang kurang,sehingga akan berbahaya bagi dirinya sendiri dan orang lain.

      Kalian para orang tua harus mengingatkan anak-anak kalian yang masih SD untuk tidak mengendarai motor,meskipun jaraknya dekat.Salah satu conto kasus kecelakaan anak SD membawa motor adalah dua bocah yang masih SD berumur 11 tahun,yang harus duduk dikursi pesakitan pengadilan negeri(PN) Jember. Mereka masuk pengadilan karena mengalami kecelakaan dijalan Tisnogambar,,kecamatan Bangsalsari,12 september 2016 silam.

5.Pulang sekolah nebeng truk

       Sekarang anak SD sudah ada yang berani nebeng truk saat pulang sekolah. Padahal saat aku SD yang sering nebeng truk adalah anak SMP dan SMA.Sekarang dunia sudah terbalik,anak SMP dan SMA sekarang yang aku lihat menggunakan sepeda atau motor sebagai alat transportasi mereka. Anak SD lah sekarang yang menggunakaan truk. Meskipun hanya beberapa,lama-lama akan menular ke teman-temannya yang lain. Apa jadinya jika semua anak SD kalau pulang nebeng truk semua?

       Mungkin menurut mereka nebeng truk adalah sesuatu yang keren,karena mereka masih bersifat kekanakanakan. Jadi mereka belum mengetahui jika hal itu berbahaya. Orang tua harus memperingatkan mereka tentang bahaya nebeng truk seperti jatuh.Jika anak itu sampai jatuh dari truk akibat nya bisa sampai menimbulkan kematian.

Baca juga:

       Nah itulah beberapa kelakuan kids jaman now yang bikin pusing,untuk mengantisipasi hal itu peran orang tua sangat penting. Sekian dari saya maaf jika ada kata yang menyinggung kalian. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

       
 

 
 

  
      
         
 

      
    
    
  

0 comments