5 best street food of Indonesia


Assalamualaikum wr.wb

    Hallo semua,apa kabar?,Makanan adalah bahan yang biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang dimakan oleh mahkluk hidup mendapatkan tenaga dan nutrisi. Makanan yang dibutuhkan manusia biasanya berasal dari hasil bertani,berkebun dan berternak,yang meliputi sumber hewan dan tumbuhan.

    Negeri kita ini sering disebut sebagai bangsa berjuta rasa,yang artinya walaupun bangsa Indonesia hanya satu tetapi didalamnya berisi masakan-masakan dengan rasa yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Semua provinsi memiliki berbagai makanan khas mulai makanan yang terbuat dari tumbuhan sampai hewan.

     Disini aku akan berbagi pengalamanku tentang makanan-makanan dengan cita rasa enak yang dapat ditemui di warung pinggir jalan.Langsung saja

1.Sop ikan

     Dari penampilannya kita sudah dapat menduga bahwa masakan ini sebetulnya bukan tergolong sajian tradisional. Belakangan ini sop ikan semakin populer karena adanya kreasi baru yaang menjadi ikon Batam dan Kepulauan Riau.

      Sop ikan dapat dipilih dengan berbagai isian: ikan saja atau campuran ikan,udang dan cumi.Kuahnya adalah kaldu ikan yang encer dan bening. Sop ikan Batam ini sangat mirip dengan ikan kuah asam dari Sulawesi Utara dan Maluku.Bedanya ikan kuah asam dibuat dengan ikan utuh yang dipotong menjadi 3-4 bagian,sehingga masih ada durinya,serta kuahnya lebih berbumbu. Sedangkan sop ikan Batam memakai filet ikan dan kuahnya lebih ringan dan segar. Daging ikan yang dipakai biasanya adalah tengiri,kakap putih atau kerapu.

      Sop ikan ini cocoknya disantap dengan kulit ikan yang digoreng garing seperti kerupuk. Kaldu ikannya mempunyai karakter yang sangat khas karena dibuat dengan ebi dan teri medan yang dihaluskan. Aroma bawang putih goreng dan minyak wijen juga menambah keistimewaan sop ikan Batam ini.

2.Kembung Betelok

      Hidangan tradisional ini benar-benar sudah sangat langka dan hampir punah di pulau Bangka. Padahal,di masa lalu,ini adalah sajian kebanggan yang wajib hadir pada perhelatan besar.

      Kembung betelok adalah dialek lokal untuk menyebut "ikan kembung bertelur".Lalu apa istimewanya ikan kembung yang bertelur ? karena ikan kembung berukuran kecil,bukankah terlurnya berukuran kecil juga.

      Ikan kembung bertelur ternyata hanya penamaan belaka.Sekilas,bila melihat penyajiannya,memang kelihatannya seperti ikan kembung gorang dengan bagian telur alaminya menonjol keluar. Ternyata setelah digigit barulah kita sadar bahwa itu bukanlah telur ikan,melainkan daging ikan yang telah dihaluskan dan dibumbui.

      Kembng betelok sebenarnya adalah ikan kembung utuh yang dikeluarkan duri,tulang dan dagingnya secara hati-hati. Kemudian daging ikannya dihaluskan,dicampurkan dengan bumbu,kocokan telur ayam dan santan kental,kemudian dimasukan kembali secara hati-hati,sehingga kembali membentuk ikan kembung yang utuh. Ikan palsu ini kemudian digoreng dan disajikan dengan sambel belacan(terasi).

3,Manuk Ragi Rajang

       Dalam bahasa lombok ragi berarti bumbu. Rajang dalam dialek setempat berarti menerjang.Jadi,nama sajian ini maksudnya adalah makanan dengan bumbu menerjang alias nendang .

       Meskipun demikian,karakter sajian manuk ragi rajang ini sangat berbeda dengan masakan Sasak pada umumnya yang cenderung pedas dengan bumbu-bumbu yang menonjok. Tetapi,manuk ragi rajang justru tidak seberapa pedas,gurih,dan menyegarkan.

       Selain ayam kampung muda yang juga menjadi ciri masakan Sasak ,berbagai jenis ikan laut dan ikan darat juga cocok untuk dimasak dengan cara ini. Bilan tampil sebagai ikan ragi rajan,penampilan dan citarasanya hampir menyerupai be pasih mekuah alias sop ikan khas bali. Bisa dinikmasti sebagai sop,tetapi juga lezat dimakan dengan nasi.

4.Binte Biluhuta

        Secara harfiah,binte biluhuta berarti jagung yang disiram.Dinamai demikian karena memang prosesnya persis seperti itu. Karena itu,nama lain dari sajian ini adalah milu siram. Sajian ini merupakan sehari-hari masyarakat Gorontalo dalam bentuk bubur yang penuh gizi dan protein. Biasanya,bintu biluhuta disajikan secara a la minute(dibuat,langsung disajikan dan disantap),bukan sesuatu yang bisa dipanaskan berulang-ulang.

        Hampir ada kemiripan antara binte biluhuta dengan tinutuan(bubur Manado). Keduanya sama-sama memakai jagung,sayuran maupun protein. Bedanya binte biluhuta memakai kelapa parut. Sayur yang digunakan dalam binte biluhuta adalah poki-poki(terung),tomat,dan kemangi.Sedangkan proteinnya adalah udang.

        Bila diencerkan dan dikecilkan porsinya,binte biluhuta memang dapat disajikan sebagai sup.Tetapi,dalam penyajian aslinya,sajian ini dapat dimakan dengan atau tanpa lauk.Lauk yang populer untuk mendampingin binte biluhuta adalah ikan tude(kembung) bakar dengan sambal dabu-dabu.

 5.Mangut

         Mangut pada dasarnya adalah gulai encer versi jawa dengan tingkat kepedasan yang sangat tinggi. Mangut selalu memakai protein dari hasil laut,berbeda dengan gulai atau kari yang dibuat dari daging sapi,kambing atau ayam.

         Secara umum dikenal dua jenis mangut,yaitu mangut di pesisir utara Jawa Tengah dan mangut di daerah pedalaman. Mangut pesisir bersantan tipis dan cabai rawit yang sangat banyak.Ikannya memakai ikan laut pada umumnya seperti ikan pari asap dan kepala manyung asap. Sedangkan mangut di daerah darat seperti solo dan yogya santannya lebih mlekah,lebih berkunyit dan tidak seberapa pedas. Mangut darat biasanya memakai ikan tawar seperti lele asap.

          Di sekitar Semarang,biasanya mangut dibuat dari ikan pari asap. Kadang-kadang juga ditambah tahu goreng untuk membuatnya lebih berisi.Di kalangan peranakan tionghoa,bisa juga ditambah dengan rebung.

Baca juga:
  1. 5 Kelakuan kids jaman now yang membuat geleng-geleng kepala
  2. 4 pemain sepak bola Indonesia yang meninggal karena benturan

          Itulah 5 makanan pinggir jalan dengan citarasa yang luar biasa dari berbagai daerah.Sebenarnya,makanan yang tadi aku sebutkan merupakan 5 dari sekian banyak makanan yang luar biasa rasanya dari Indonesia.Sekian penjelasan dari aku,jika ada yang salah mohon dimaafkan dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb     

       
  
 


0 comments